Inilah 7 Tips Memilih Kontraktor Rumah

Tips Memilih Kontraktor Rumah – Saat berkeinginan membangun sebuah rumah, banyak orang akan dihadapkan pada 2 pilihan untuk menentukan siapa yang akan mengerjakan proyek bangunan rumahnya, bisa menggunakan jasa kontraktor bangunan atau mandor tukang bangunan.

Kontraktor sendiri merupakan orang atau suatu badan hukum maupun badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang sudah disepakati oleh kontraktor dan pemilik proyek.

Jasa kontraktor biasanya sering digunakan untuk proyek besar, seperti pembangunan real estate, gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan. Tapi, untuk pembangunan atau renovasi sebuah rumah, menggunakan jasa kontraktor pun juga bisa.

Jasa kontraktor memiliki badan usaha, sehingga hal ini bisa meminimalisir kebohongan atau kecurangan, terutama saat melakukan pembayaran. Sebagai badan usaha, tanggung jawab pekerjaan dalam membangun sebuah proyek ditanggung oleh perusahaan, bukan perorangan seperti mandor bangunan.

Oleh karena itu, komitmen dalam pekerjaan membangun sebuah rumah akan lebih baik pada jasa kontraktor dibandingkan mandor atau pemborong. Hal ini karena kadang Anda tidak bisa mengawasi atau membangun rumah sendirian, dimana Anda harus menjadi mandor, mengawasi pekerja, membeli material bangunan dan sebagainya. Kontraktor dapat membantu Anda dengan pekerjaan-pekerjaan ini, karena mereka sudah terlatih untuk itu.

Tips Memilih Kontraktor Rumah

Ilustrasi Tips Memilih Kontraktor Rumah
Ilustrasi Tips Memilih Kontraktor Rumah, Sumber : pagarbesi.com

Sama halnya seperti memilih jasa arsitek yang baik, dalam membangun rumah, dibutuhkan juga jasa kontraktor terbaik. Sayangnya, kebanyakan orang justru merasa kecewa dengan hasil kerja kontraktor karena mereka salah memilih.

Padahal, dengan adanya jasa kontraktor yang bisa dipercaya, pengerjaan rumah akan terjamin kualitasnya, dapat selesai tepat waktu, dan hasilnya juga lebih maksimal. Lalu, bagaimana cara memilih kontraktor rumah yang baik? Simak beberapa tips memilih kontraktor rumah berikut ini.

1. Memastikan Legalitas Kontraktor

Pastikan jasa kontraktor yang akan Anda gunakan memiliki badan hukum resmi (PT). Hal ini harus menjadi pertimbangan utama Anda dalam memilih kontraktor karena kontraktor profesional seharusnya sudah mengantongi izin operasi resmi, memiliki kantor dengan alamat jelas & sesuai, serta sistem kerja yang jelas.

Selain legal, kontraktor Anda juga harus mau diikat surat perjanjian kerja atau kontrak. Surat ini nantinya akan melindungi Anda sebagai konsumen dan menjamin tanggung jawab pekerjaan kontraktor.

2. Mencari Referensi Terlebih Dahulu

Bila Anda bingung ketika harus mencari penyedia jasa kontraktor terbaik sendiri, ada baiknya jika mencari sumber referensi yang tepat. Di zaman digital seperti sekarang ini, tidak sulit untuk mencari testimoni dari para pengguna jasa kontraktor.

Kontraktor yang baik pastinya akan direkomendasikan oleh para kliennya. Gunakan pencarian online untuk memudahkan Anda mencari rekomendasi kontraktor yang tepat.

3. Memiliki Spesialisasi Khusus

Ilustrasi Jasa Kontraktor
Ilustrasi Jasa Kontraktor, Sumber : Wangsakara Group

Ketika ingin membangun rumah tinggal, pastikan bahwa kontraktor yang Anda pilih memiliki pengalaman di bidang tersebut karena kontraktor juga memiliki spesialisasi masing-masing sepeti pembangunan gedung, restoran, rumah tinggal, dan lainnya.

Ada beberapa kontraktor yang memang ahli mengerjakan proyek rumah minimalis, tapi ada juga yang lebih ahli dalam mengerjakan tempat tinggal bergaya mediteranian. Jadi, pilihlah kontraktor dengan spesialisasi yang sesuai dengan konsep rumah yang akan Anda bangun.

4. Melihat Hasil Kerja Sebelumnya

Salah satu cara termudah dan terpenting untuk mengetahui kinerja kontraktor adalah dengan melihat hasil kerja bangun rumah sebelumnya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti melihat portofolio mereka ataupun mengunjungi proyek bangun rumah maupun renovasi yang sedang berjalan.

Penyedia jasa kontraktor profesional pasti telah memiliki laman resminya sendiri yang berisi portofolio dan testimoni klien sebelumnya, sehingga Anda dapat dengan mudah menilai kinerja mereka.

5. Membentuk Tim dengan Kontraktor

Setelah merasa cocok, buatlah perjanjian dengan kontraktor yang telah Anda pilih dan segera bentuk tim pengerjaannya. Kontraktor profesional biasanya akan melibatkan beberapa pihak untuk mengerjakan suatu proyek, seperti arsitek dan penyuplai material bangunan.

Setelah tim terbentuk, sampaikanlah dengan jelas kebutuhan Anda kepada seluruh anggota tim. Diskusikanlah bersama untuk mengetahui apakah semua keinginan Anda dapat dilakukan oleh pihak yang terlibat. Ini untuk menghindari hasil rumah yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda nantinya.

6. Mengecek Harga Secara Teliti

Ilustrasi Mengecek Harga Secara Teliti
Ilustrasi Mengecek Harga Secara Teliti, Sumber : narasidesign.com

Kontraktor yang baik tentu memiliki kredibilitas tinggi, apalagi soal hitungan biaya yang diperlukan. Mereka akan mencari cara untuk membangun rumah dengan hasil yang maksimal, sesuai target, dan rencana tanpa harus mengeluarkan budget yang berlebihan.

Cek rencana anggaran biaya atau RAB yang telah dibuat secara teliti sebelum proses pengerjaan rumah hunian dimulai. Ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol biaya proyek pembangunan. Transparansi biaya juga dapat mencegah pengeluaran biaya tidak terduga di tengah proses pekerjaan.

7. Memberikan Jaminan Garansi

Kontraktor profesional akan dengan senang hati memberikan jaminan bahwa proyek rumah Anda tidak akan ditinggal di tengah jalan dan selesai dengan hasil yang memuaskan.

Demikianlah beberapa tips memilih kontraktor rumah yang bisa Anda lakukan. Ingat, rumah akan Anda tinggali untuk waktu yang cukup lama dan akan memakan biaya yang tidak sedikit. Jadi pastikan bahwa kontraktor Anda adalah pilihan yang terbaik.

Jika Anda masih merasa kesulitan menemukan kontraktor yang dapat memenuhi kebutuhan bangun rumah Anda, Local Jogja siap membantu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Simak artikel bermanfaat lainnya di sini.

Leave a Comment