Tanaman Hias Pengusir Serangga (Cantik dan Menawan)

Berbagai jenis serangga seperti nyamuk, sering kali berkeliaran di dalam rumah. Hingga tak jarang serangga-serangga tersebut menggigit penghuni rumah. Untuk mengantisipasinya diperlukan tanaman hias pengusir serangga sebagai salah satu solusinya. Ada berbagai tanaman indoor yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Selain bermanfaat sebagai tanaman indoor pengusir nyamuk, tanaman hias tersebut juga bisa membuat tampilan interior rumah Anda menjadi semakin menawan. Anda bisa membuat taman indoor di dalam rumah untuk meletakkan tanaman hias pengusir serangga di taman tersebut, sekaligus membuat suasana rumah menjadi semakin asri dan sejuk.

Serangga-serangga seperti nyamuk, lalat, dan yang lainnya jika tidak ditangani akan berdampak pada kesehatan penghuni rumah. Beberapa serangga tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diare, disentri, demam berdarah, hingga masalah kesehatan lainnya. Sehingga dibutuhkan solusi untuk mengatasi serangan serangga-serangga tersebut.

Ilustrasi tanaman hias sebagai pengusir serangga, Sumber: suara.com
Ilustrasi tanaman hias sebagai pengusir serangga, Sumber: suara.com

Selain diletakkan di dalam ruangan, tanaman-tanaman hias ini juga bisa diletakkan di bagian teras rumah maupun taman di halaman rumah. Tanaman tersebut dapat membuat arsitektur rumah Anda semakin terlihat estetik. Anda juga bisa menambahkan gazebo di dekat taman untuk tempat bersantai Anda dan keluarga.

Anda bisa menghirup udara yang segar dari tanaman hijau di halaman rumah sambil duduk di gazebo. Apabila Anda ingin menambahkan gazebo di halaman rumah, Anda bisa menghubungi Kontraktor Jogja untuk membantu pengerjaannya. Percayakan kepada jasa Kontraktor Jogja yang ahli dan profesional, supaya Anda tidak perlu khawatir dengan hasil akhir dari gazebo pesanan Anda.

Jenis Tanaman Hias Pengusir Serangga

Ada berbagai tanaman hias yang bisa Anda jadikan pelengkap untuk dekorasi rumah, baik itu di dalam rumah maupun luar rumah. Namun tidak hanya menjadi pemanis rumah saja, ternyata tanaman hias berikut ini juga bisa difungsikan sebagai pengusir serangga. Penasaran dengan tanaman cantik ini? Simak penjelasan berikut ini.

1. Tanaman Lavender

Tanaman hias indoor pengusir nyamuk dan serangga lainnya yang pertama ialah lavender. Biasanya bau harum dari tanaman lavender ini dijadikan sebagai pengharum ruangan ataupun lotion anti nyamuk. Perlu Anda ketahui bahwa serangga-serangga tidak menyukai bau harum dari bunga lavender, sehingga tanaman ini mampu mengusir serangga yang ada di rumah.

Tampilannya yang cantik sekaligus membuat tanaman ini bisa dijadikan sebagai pelengkap hiasan rumah. Meskipun bau dari lavender tidak disukai serangga, namun bau harum ini disukai oleh manusia. Anda bisa menjadi lebih tenang dan rileks ketika menghirup bau harum yang dihasilkan bunga lavender.

Tanaman Lavender, Sumber: haibunda.com
Tanaman Lavender, Sumber: haibunda.com

2. Tanaman Rosemary

Rosemary dapat dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk indoor maupun outdoor. Anda bisa meletakkan tanaman ini di taman indoor maupun outdoor yang Anda miliki di rumah. Bau yang dihasilkan oleh tanaman ini menyerupai bau minyak telon, hal inilah yang menyebabkan serangga-serangga enggan untuk mendekati rumah Anda.

Tanaman rosemary ini bisa diletakkan ke dalam pot, sehingga bisa dengan mudah Anda posisikan dimana saja. Bahkan Anda bisa menaruhnya di dalam kamar untuk mengantisipasi gigitan nyamuk saat tidur.

Tanaman Rosemary, Sumber: dictio.id
Tanaman Rosemary, Sumber: dictio.id

3. Tanaman Mint

Selain bisa dikonsumsi, tanaman mint ini juga bisa digunakan sebagai tanaman ruangan pengusir nyamuk. Berbagai jenis serangga seperti nyamuk tidak menyukai bau yang timbul dari daun mint tersebut. Sehingga tanaman hias ini sangat cocok digunakan untuk pengusir serangga.

Anda bisa meletakkan tanaman mint ini di taman depan rumah maupun taman indoor. Untuk penanamannya, Anda bisa menaruhnya di dalam pot. Agar tetap tumbuh dengan baik, Anda bisa memetik daunnya secara rutin. Anda bisa memanfaatkan daun mint ini sebagai pelengkap makanan ataupun minuman yang Anda buat sendiri di rumah.

Tanaman Mint, Sumber: kompas.com
Tanaman Mint, Sumber: kompas.com

4. Tanaman Serai

Biasanya tanaman serai ini ditanam di pekarangan rumah, karena tanaman ini bisa tumbuh dengan lebat. Serai biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu dapur untuk menyedapkan makanan. Selain itu serai ini juga bisa dijadikan sebagai minuman hangat yang menyegarkan loh.

Baca juga: Bingung Memanfaatkan Loteng Rumah? Ini Inspirasinya!

Serai biasanya juga digunakan untuk mengusir serangga seperti nyamuk. Bau yang dihasilkan oleh serai sangat tidak disukai oleh serangga, oleh sebab itu tanaman ini bisa menghalau berbagai serangga yang ingin masuk ke dalam rumah.

Tanaman Serai, Sumber: agrotek.id
Tanaman Serai, Sumber: agrotek.id

5. Tanaman Geranium

Tanaman ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir serangga-serangga yang ada di rumah. Aroma harum yang ditimbulkan dari bunga geranium sangat tidak disukai oleh para serangga. Tampilan yang cantik dari tanaman ini, bisa Anda manfaatkan untuk menghias pekarangan rumah dengan bunganya yang berwarna-warni.

Tanaman Geranium, Sumber: bangka.tribunnews.com
Tanaman Geranium, Sumber: bangka.tribunnews.com

6. Tanaman Lemon Balm

Mungkin untuk sebagian orang masih asing dengan jenis tanaman ini. Bentuk dari tanaman lemon balm ini hampir mirip dengan tanaman mint, namun mengeluarkan bau seperti lemon. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman ini bisa tumbuh hingga 2 meter loh, bahkan ada juga yang lebih dari itu.

Tanaman lemon balm ini bisa dimanfaatkan untuk pengusir serangga. Selain itu lemon balm ini juga bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan, salah satu contohnya ialah untuk mengurangi rasa stres dan cemas yang diderita.

Tanaman Lemon Balm, Sumber: bibitbunga.com
Tanaman Lemon Balm, Sumber: bibitbunga.com

7. Tanaman Marigold

Tanaman hias cantik berikutnya yang bisa untuk menghalau serangga ialah marigold. Seperti tanaman hias sebelumnya, marigold ini memiliki aroma wangi yang tidak disukai oleh para serangga seperti nyamuk, lalat, dan yang lainnya. Warna bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini bisa Anda jadikan juga sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Tanaman Marigold, Sumber: cnnindonesia.com
Tanaman Marigold, Sumber: cnnindonesia.com

Itu tadi informasi mengenai tanaman hias pengusir nyamuk yang telah kami sampaikan untuk Anda. Ikuti berbagai informasi seputar interior rumah minimalis dan informasi lainnya hanya di laman website Local Jogja. Jangan lupa untuk menghiasi rumah Anda dengan tanaman yang indah dan bermanfaat untuk mengusir serangga seperti di atas.

Leave a Comment